-->

mudah berkeringat apakah sehat:kemungkinan penyebab dan solusinya

Berkeringat merupakan hal yang biasa. Sebagian orang yang berolahraga terganggu oleh banyak berkeringat selama berolahraga, tetapi bahkan ketika anda tidak berolahraga anda mungkin mengalami keringat ketiak yang berlebihan atau keringat di area selangkangan yang dapat menyebabkan rasa malu dan ketidaknyamanan.

berikut artikel yang dapat membantu untuk menargetkan penyebab keringat dan menemukan solusi terbaik


Mengapa Saya Mudah Berkeringat apakah Sehat?

Dalam kebanyakan kasus, berkeringat ialah hal yang normal. keringat diproduksi dari kelenjar yang terletak di lapisan dermis kulit anda. Peluh atau keringat  dilepaskan melalui pori - pori , yang bukaan kecil di kulit Anda. Setiap inci persegi kulit berisi sekitar 650 kelenjar keringat

Mengapa kita berkeringat? Tubuh kita berkeringat untuk melepaskan panas dan mendinginkan. Meski anda tidak menyadarinya, Anda senantiasa berkeringat. Keringat biasanya menguap dengan pesat sehingga Anda tidak melihat bahwa itu ada, tapi ada beberapa kesempatan ketika Anda mungkin melihat penumpukan keringat. Kondisi yang sering kali menyebabkan Anda berkeringat lebih dari biasanya ialah:

  • Panas
  • Latihan
  • Stres emosi atau kecemasan
  • Makanan pedas (kari, jintan, saus panas, dan lainnya)
  • Minuman mengandung alkohol
  • Minuman berkafein
Anda juga lebih cenderung berkeringat acap kali seandainya tubuh Anda akan lewat perubahan hormonal. Berkeringat banyak selama tahun remaja dan (untuk wanita) kelebihan berkeringat selama menopause sangat umum.

Beberapa biasanya orang beranggapan bahwa mereka berkeringat lebih dari orang lain di sekitar mereka. Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda berkeringat lebih dari teman dan anggota keluarga dengan tubuh yang lebih kecil.

Orang dengan BMI tinggi cenderung berkeringat berlebih. Dan pria umumnya berkeringat lebih banyak dari wanita, terutama selama berolahraga..

Berapa Banyak Keringat yang Normal

jadi, seberapa banyak yang kamu ketahui jika anda terlalu banyak berkeringat, kira kira tiga persen dari populasi itu memiliki kondisi yang di sebut Hiperhidrosis, atau berkeringat berlebih

Dr. Bradley Bloom, MD yakni seorang dokter kulit bersertifikat   ahli pakar kulit dan spesialis laser di New York City. Ia mengatakan bahwa tidak ada kriteria diagnostik  yang jelas menunjukkan  seberapa banyak keringat terlalu banyak, 

tetapi jika seseorang mengunjunginya di kantor dengan keluhan bahwa mereka berkeringat terlalu banyak, mereka mungkin. Pasien pasien ini sering mengatakan bahwa berkeringat berlebihan bisa menghalangi kegiatan harian yang sederhana dan membatasi sosial dan/atau kesempatan kesempatan profesional.

Menurut International Hyperhidrosis Society, berikut adalah dua jenis Hyperhidrosis: Hiperhidrosis umum sekunder dan Hiperhidrosis fokal primer.
Hiperhidrosis sekunder umum adalah kelebihan keringat yang terjadi sebagai hasil dari kondisi medis lain. Misalnya, orang dengan penyakit asam urat, diabetes, atau kondisi jantung tertentu mungkin mengalami Hiperhidrosis. Wanita yang sedang hamil atau mengalami menopause juga beresiko lebih tinggi untuk Hiperhidrosis.

Anda juga mungkin mengalami keringat berlebih sebab obat yang Anda minum. Obat-obatan tertentu dikenal menyebabkan hiperhidrosis. Rumah sakit menyusun daftar yang bisa Anda periksa apabila Anda merasa obat Anda menyebabkan Anda terlalu banyak berkeringat.

Hiperhidrosis sekunder umum berkembang di masa dewasa. Kelebihan keringat dapat terjadi di satu area tubuh atau seluruh tubuh (umum). Berkeringat juga dapat terjadi pada siang hari tanpa alasan yang jelas atau pada malam hari saat tidur.

Jika memiliki Hiperhidrosis fokal primer, Anda mengalami keringat berlebih di satu atau beberapa lokasi tertentu di tubuh Anda. Seringkali ini termasuk ketiak, kaki, tangan, atau dahi dan akan terjadi pada kedua sisi tubuh.

Orang dengan hiperhidrosis fokal primer sering mempunyai riwayat keluarga dengan kondisi tersebut. Situasi ini sering tampak pada masa remaja dan dokter biasanya tidak bisa menetapkan penyebab spesifik (seperti pengobatan atau keadaan medis).

Sekiranya Anda mempunyai hiperhidrosis fokal primer, Anda tidak akan mengalami keringat berlebih saat tidur.


Mengapa ketiak keringat saya begitu banyak?

Berkeringat di seluruh tubuh Anda bisa menimbulkan masalah, tetapi banyak orang memperhatikan lebih banyak keringat di daerah ketiak. Keringat berlebih pada ketiak disebut Hiperhidrosis aksila. Anda mungkin juga mengalami bau di daerah ini yang bisa membuat keringat  lebih memalukan dan menyebabkan tambahan stres atau kecemasan.

Berdasarkan International Hyperhidrosis Society, kelenjar keringat yang aktif di ketiak disebut  kelenjar apokrin . Kelenjar-kelenjar ini mengeluarkan cairan lebih tebal ketimbang keringat yang mungkin Anda rasakan pada area lain dari tubuh Anda, seperti dahi, tangan, atau kaki Anda. Ketika keringat tebal ini berinteraksi dengan kuman di kulit di bawah lengan Anda, itu menyebabkan bau.

Sementara hampir segala orang mengalami keringat ketiak, Anda mungkin merasa bahwa keringat Anda bermasalah.

Pilihan Pengobatan

Solusi untuk keringat ketiak meliputi:

Baju Anti Keringat

Sebagian baju hangat berlebih memecahkan masalah dengan  mengenakan lapisan tambahan di bawah pakaian mereka. Kaos katun simpel dapat diaplikasikan untuk beberapa orang, tapi ada juga kemeja anti keringat yang tersedia yang dirancang untuk menahan keringat dan bau

Antiperspirants
ada banyak produk bebas yang mengatasi keringat dan bau, kebanyakan tempat kecantikan dan kesehatan membawa antiperspiran (ditargetkan untuk diaplikasikan pada ketiak) yang bekerja dengan menyumbat pori-pori sehingga keringat  tidak dapat dilepaskan.

Para pakar menganjurkan agar Anda mengaplikasikan antiperspirant di malam hari sehingga memiliki waktu untuk masuk ke dalam pori-pori dan memblokir kelenjar keringat di pagi hari.

Deodorant spray membantu menutupi bau yang disebabkan oleh campuran keringat dan bakteri. Dokter Anda mungkin dapat menyediakan Anda dengan antiperspiran resep-kekuatan yang mengandung aluminium klorida. Produk resep biasanya dapat digunakan pada berbagai area tubuh termasuk tangan, kaki, ketiak, dan kepala.

Perencanaan yang cermat
jika Anda banyak berkeringat selama acara-acara tertentu, seperti pertemuan bisnis atau urusan sosial, mungkin akan menolong untuk merencanakan ke depan dan membawa baju ekstra. Sebagian pengusaha dan wanita menaruh baju ekstra di kantor sekiranya-sekiranya Anda memerlukannya.

Ada juga solusi medis untuk keringat ketiak. Sebagian lebih invasif ketimbang yang lain dan masing-masing mempunyai pro dan kontra sendiri.

Kain Qbrexza (glycopyrronium)
Obat resep pertama yang disetujui FDA dari jenisnya, Qbrexza yaitu handuk sekali pakai yang dibasahi sebelumnya yang diserap dengan obat antikolinergik. Ini disetujui untuk orang dewasa dan anak-anak umur 9 tahun ke atas, untuk digunakan pada mereka yang berkeringat ketiak yang berlebihan. Ini digunakan sekali sehari hanya untuk ketiak.

Botox
Beberapa pasien menggunakan suntikan botox (onabotulinumtoxinA) untuk mengobati ketiak berkeringat.Botox sementara memblok sinyal yang memberitahu kelenjar Anda untuk mulai berkeringat. Dr Bloom membeberkan bahwa pasien yang mengaplikasikan Botox untuk ketiak berkeringat mendapatkan bantuan yang berlangsung sekitar tiga hingga enam bulan. Pasien perlu mengulangi suntikan untuk mendapatkan bantuan Lanjutan.

Botox juga dapat diaplikasikan pada zona lain dari tubuh termasuk wajah, telapak tangan, dan kaki. Tarif pengobatan Botox bervariasi berdasarkan lokasi namun lazimnya, biaya $1000-1500.

miraDry
Prosedur yang disetujui FDA ini mengaplikasikan tenaga elektromagnetik untuk menargetkan dan menghilangkan kelenjar peluh di ketiak. Bloom, yang melakukan prosedur ini di kantornya di New York City, mengatakan bahwa pasien lazimnya melihat penurunan 60% hingga 80% dalam peluh ketiak sesudah satu prosedur miraDry dan setidaknya pengurangan 80% sesudah dua perawatan. "Prosedur ini pasti berprofesi pada peluh ketiak," kata Dr. Bloom,"dan beberapa penelitian mengatakan bahwa itu juga berprofesi pada bau."

Tapi ia melanjutkan untuk membeberkan bahwa itu mungkin tidak berprofesi pada bau kalau Anda tidak banyak berkeringat. "Banyak hal yang menyebabkan bau, katanya, dan lebih susah untuk mengukur bau ketimbang mengukur keringat.

" Tapi, ia mengatakan bahwa miraDry ialah pengobatan yang disarankan untuk pasien yang memiliki keringat ketiak yang berlebihan karena lebih hemat biaya ketimbang botox dan kurang invasif ketimbang operasi. Dia juga mengatakan bahwa kemajuan dalam anestesi sudah memungkinkan untuk perawatan yang lebih efektif dan hasil yang lebih memuaskan sesudah perawatan awal.

Efek samping mungkin termasuk kerusakan pada saraf di bawah kulit, rasa sakit, dan pembengkakan, atau mati rasa dan kesemutan di tempat yang dirawat. Bloom mengatakan bahwa beberapa besar efek samping dapat diminimalkan dengan perawatan pra-prosedur yang ideal.

Tarif miraDry bervariasi menurut tempat Anda, tapi lazimnya, biaya sekitar $ 1500 - $ 2000 per perawatan. saat ini, miraDry hanya disetujui FDA untuk mengobati keringat ketiak.

Operasi
Ada sebagian prosedur bedah yang merusak atau mengangkat kelenjar peluh ketiak sehingga tidak lagi berfungsi. Solusi permanen ini untuk peluh ketiak mungkin termasuk sedot lemak, kuretase (prosedur pengikisan), atau kombinasi dari kedua teknik.

Peniadaan lengkap jaringan ketiak (eksisi) merupakan perawatan lain yang mungkin tetapi tidak dianjurkan, berdasarkan International Hyperhidrosis Society, karena efek samping yang parah termasuk jaringan parut dan gerakan terbatas di daerah lengan atau bahu setelah operasi.

Tarif operasi akan tergantung pada prosedur yang Anda pilih, ukuran area yang Anda rawat dan pada bagian negara daerah Anda tinggal.

Mengapa Selangkangan Saya Berkeringat Banyak?

Sementara keringat ketiak lebih kerap terjadi, keringat berlebih di daerah selangkangan mungkin lebih tidak nyaman dan memalukan. Mache Seibel, MD ialah spesialis menopause dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Massachusetts. Dia menerangkan bahwa keadaan ini benar-benar memalukan bagi wanita yang berolahraga:

"Berkeringat berlebihan atau keringat di daerah Miss V, pangkal paha, bokong dan paha diketahui sebagai hiperhidrosis truncal. Tetapi banyak wanita tahu itu sebagai daerah selangkangan. Ini ialah hadiah mati dan demonstrasi memalukan dari latihan yang hebat."

Dr Seibel mengatakan bahwa bau bisa terjadi dikala zona selangkangan lembab: "Tempat genital yang berkeringat menciptakan lingkungan yang tepat bagi mikroba untuk berkembang. Kelembaban menunjang pertumbuhan berlebih kuman jahat di Miss V yang bisa buang keseimbangan pH yang lembut yang menyebabkan bau dan ketidaknyamanan."

berikut solusi untuk mengatasi canggung

Bantalan yang tidak beraroma dapat digunakan selama menstruasi untuk mengurangi keringat selangkangan dan bau pangkal paha. Lap sebelum dan sesudah dengan tisu bayi, dan memakai celana dalam katun. Sering mengganti bantalan membantu mengurangi bau.

RepHresh Gel adalah produk yang membantu mengembalikan pH ke kisaran normal 3,5-4,5. Seibel memberi masukan agar pasiennya mengaplikasikannya dengan probiotik seperti RepHresh Pro-B untuk menjaga agar ragi dan kuman(bakteri) seimbang tiap-tiap hari.

Mencukur atau memangkas area alat kelamin(rambut)  membantu mengurangi bau dan keringat. Tetapi Dr. Seibel mengatakan bahwa bagi beberapa wanita, bercukur dapat menyebabkan hidradenitis suppurativa , suatu kondisi yang menyebabkan benjolan pada kulit yang menonjol seperti jerawat atau bisul. Tetapi ia mengatakan bahwa itu kondisi yang belum tentu permanen.

Kenakan baju longgar yang terbuat dari serat alami. Hindari bahan nilon atau sintetis. Banyak perusahaan baju olahraga membikin baju olahraga dari serat wicking yang memindahkan keringat dari kulit.

Bicaralah dengan dokter anda perihal hormon menyeimbangkan hormon . Tiroid rendah atau estrogen rendah di dalam dan sekitar menopause dapat berkontribusi pada keringat dan bau selangkangan, kata dokter.

Mandi setiap hari, terutama sebelum atau sesudah kesibukan fisik yang intens, akan menolong menjaga area selangkangan tetap bersih dan bebas dari bau dan keringat.

Kesimpulan saya

Kita semua berkeringat, dan hampir dari semua kita orang pernah yang mengalami keringat yang banyak. walaupun berkeringat terlalu banyak bukan masalah yang mengancam jiwa, itu mungkin pertanda masalah yang serius jadi bicarakan ke Dokter untuk saran dan langkah yang baik.


0 Response to "mudah berkeringat apakah sehat:kemungkinan penyebab dan solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel