-->

12 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Bulan Ramadhan

Tidak terasa kita akan mamsuki bulan ramadhan kurang dari satu minggu, bulan yang di tunggu-tunggu umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan, bulan yang di muliahkan Alloh SWT dari bulan-bulan lainnya.

12 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Bulan Ramadhan


Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia penuh keberkahan dimana orang-orang berbondong-bondong menjalankan ibadah sebaik mungkin. Karena bulan ramadhan pahala yang kita peroleh dilipat gandakan dari setiap ibadah yang kita jalankan. Bulan yang dimana pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup dan setan-setan di kunci, supaya kita menjalankan ibadah saat bulan ramadhan dengan khusu.

Menjalankan ibadah puasa saat ramadhan harus menahan hawa nafsu, mulai dari menahan makan dan minum, menahan diri dari godaan setan. Saat berpuasa kita di bolehkan makan waktu sahur dan buka ketika magrib, jadi harus menahan haus dan lapar seharian. Tentu kita membutuhkan cara agar tubuh tetap terjaga kesehatannya ketika menjalankan ibadah puasa.

Menjaga tubuh tetap segar dan sehat saat berpuasa penting supaya bisa menjalankan puasa selama satu bulan full.

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh saat bulan ramadhan:


1. Makan Sahur

Makan sahur sebaiknya memilih makanan yang banyak mengandung protein dan serat. Konsumsi makanan sederhana tidak terlalu berat yang penting mengandung unsur gizi yang lengkap seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Makan lah sayur-sayuran dan hindari makanan yang manis.

Jangan lupa untuk minum air ketika sahur, 69% tubuh membutuhkan air mineral untuk menjalankan fungsi organ tubuh. Minum lah susu, teh hangat dan sirup.

2. Mengakhiri Sahur

Akhiri sahur sebelum waktu imsak telah tiba, untuk menjaga tubuh siang harinya.

3. Hindari Tidur Setelah Sahur

Kebanyakan orang setelah melakukan sahur ialah tidur, tidur setelah makan sahur dapat membuat kita tidak menjalankan sholat subuh, keadaan ini dapat membuat kondisi tubuh tidak baik merasa lemas pada siang harinya.

4. Jangan bermalas-malasan

Saat bulan puasa kita tidak dibolehkan untuk bermalas-malasan walaupun sedang menjalani ibadah puasa. Lakukan aktivitas seperti biasanya dan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah.

5. Hindari minum yang dingin-dingin

Seharian menjalankan puasa tubuh kita terasa kering sehingga ketika berbuka pengennya minum yang dingin-dingin seperti es, sebaiknya hindari minuman es untuk mencegah perut kembung. Minumlah air putih atau teh hangat supaya tubuh tidak cepat kembung.

6. Makan-makanan Yang Manis

Mulai lah makan yang manis saat tibs waktu berbuka puasa untuk memulihkan tubuh setelah seharian berpuasa. Memberi makanan yang manis ke tubuh saat perut kosong lebih diterima anggota badsn tubuh.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh kering saat berpuasa dibutuhkan cairan mineral salah satunya adalah memperbanyak minum air putih ketika berbuka dan saat sahur.

8. Makan-makanan Yang Bergizi

Banyak-banyaklah makan yang bergizi ketika menjalankan puasa di bulan ramadhan agar tubuh tetap kuat dan sehat selama menjalani ibadah puasa satu bulan full.

9. Berolahraga

Ketika berpuasa jangan bermalas-malasan untuk berolahraga, justru dengan berolahraga dapat menstabilkan suhu dalam tubuh kita.

10. Tidur Yang Cukup

Ketika berpuasa lebih baik gunakan waktu tidur yang cukup supaya kondisi tubuh tetap stabil dan segar ke pagi harinya, hindari tidur terlarut malam dan bergadang.

11. Jangan Berlebihan Makan Saat Buka Puasa

Bila bulan ramadhan tiba tak banyak yang membuat hidangan bermacam-macam sehingga ketika waktu telah tiba kita makan apa yang ada dalam meja, namun tidaklah baik apabila kita terlalu banyak makan yang berlebih saat buka puasa.

12. Makan Yang Berserat

Saat sahur tiba hendaknya makan yang berserat seperti sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Karena sangat bagus untuk pencernaan sehingga tidak ada lagi kotoran yang menumpuk di pencernaan.

Berpuasa dengan baik di bulan yang penuh berkah dan rahmat, perbanyak melakukan amalan-amalan yang di anjurkan Rasulullah agar kita dapat ridho dari nya. Itulah 12 cara menjaga kesehatan tubuh saat bulan ramadhan

1 Response to "12 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Bulan Ramadhan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel