-->

Hati hati Dengan Warna Kuku Berubah dan Cara Mengatasinya

Pada situasi normal, kuku di jempol dan jari-jari kaki berwarna bening dan agak tembus cahaya. Tetapi, bagaimana jadinya bila kuku berubah warna? Ada, kuku kaki berubah warna menjadi kekuningan, hijau, biru, ungu, malah hitam. Apa sih yang menjadi penyebab kuku kaki berubah warna?

Ada banyak penyebab kuku kaki berubah warna, atau disebut diskolorasi warna pada kuku kaki. Istilah medisnya adalah kromonikia, adalah mulai dari cedera biasa sampai keadaan sulit kesehatan serius.

Penyebab Kuku Kaki Berubah Warna

Berikut sebagian penyebab kuku kaki berubah warna yang perlu di waspadai!

1. Infeksi jamur kuku

Jamur kuku, atau biasa disebut onikomikosis, adalah salah satu penyebab kuku kaki berubah warna yang paling umum. Tipe organisme yang paling kerap menyebabkan jamur kuku adalah dermatophyte. Dematophyte tumbuh dengan sistem memakan keratin tubuh. Jika Kamu terkena jamur kuku, maka kuku kaki akan berwarna:

Kuning
Cokelat kemerahan
Hijau
Hitam

Perubahan warna tersebut lazimnya diawali pada bagian bawah ujung kuku kaki. Jika tidak diobati, perubahan warnanya akan kian melebar, seiring dengan meluasnya infeksi.

Siapa saja dapat terkena jamur kuku. Tetapi, sebagian orang memiliki risiko yang lebih tinggi, termasuk orang berusia tua, orang yang memiliki gangguan peredaran darah, atau orang dengan sistem imun rendah.

Tak jarang yang dapat menyebabkan jamur kuku adalah:

Sering berkeringat
Sering berjalan kaki tanpa alas kaki
Luka kecil pada kuku kaki

Cara Mengobati Jamur Kaki

Infeksi jamur ringan lazimnya dapat disembuhkan mengaplikasikan obat anti-jamur yang dapat dibeli di toko obat. Carilah obat anti-jamur dari klasifikasi azole dengan spektrum luas, artinya dapat membasmi jamur apa saja.

Jika Kamu memiliki infeksi jamur yang parah dan memunculkan rasa sakit, sebaiknya periksakan ke dokter. Pasalnya, bila tidak diobati, infeksi jamur dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kuku kaki.

2. Luka atau Cedera pada Kaki

Jika kaki Kamu baru tertimpa benda berat atau tersandung, maka dapat saja kuku kaki berubah warna kebiruan. Ini mendakan ada perdarahan di dalam atau hematoma subungual. Hematoma subungual sendiri adalah situasi yang menyebabkan kuku kaki berubah warna menjadi merah atau ungu.

Cara ini juga dapat disebabkan sebab mengenakan sepatu yang terlalu sempit. Lama kelamaan, subungual hematoma dapat menyebabkan kuku kaki berubah warna menjadi cokelat atau hitam. Kuku kaki yang terkena situasi ini akan terasa nyeri dan lunak.

Cara Mengobati Luka atau Cedera pada Kaki
Hematoma subungual lazimnya dapat sembuh sendiri dalam kurun waktu sebagian hari. Sembari menunggu sembuh, coba istirahatkan kaki yang terkena situasi tersebut.

Kamu juga dapat menempelkan kompres es pada kuku kaki yang terkena subungual hematoma untuk meredakan nyerinya. Jika luka atau cederanya mudah sembuh, situasi kuku kaki berubah warna baru dapat hilang selama 6-9 bulan kemudian.

Jika nyeri pada hematoma subungual tidak kunjung mereda juga setelah sebagian hari, sebaiknya periksakan ke dokter. Dengan bgitu, bila kondisinya cukup parah, lantas agar segera ke dokter dapat langsung mengobatinya.

3. Penyakit tertentu

Adakalanya, kuku kaki berubah warna juga dapat menjadi gejala penyakit tertentu.

 periksakan ke dokter bila kuku kaki Kamu mengalami gejala di bawah ini:

Menebal
Berdarah
Pemakaian
Nyeri
Mengeluarkan cairan

4. Pemakaian kuteks

Kuteks juga dapat menyebabkan kuku kaki berubah warna. Memakai dipakai ke permukaan kuku, kuteks dapat mengabsorpsi dan menodai lapisan keratin yang lebih dalam. Cara kuteks selama satu pekan saja dapat menyebabkan noda pada kuku. Kuteks berwarna merah dan oranye memiliki kecenderungan menyebabkan kuku kaki berubah warna.

Cara Mengatasi Apa Bila Kuku Berubah Warna Akibat Kuteks

Satu-satunya sistem mengilangkan perubahan warna kuku kaki akibat kuteks adalah berhenti mengaplikasikan kuteks untuk sementara waktu. Kamu mengaplikasikan kuteks selama 2-3 pekan saja telah dapat mengembalikan kuku Kamu ke warna asalnya.


5. Sindrom Kuku Kuning

Sindrom kuku kuning juga adalah salah satu penyebab kuku kaki berubah warna. Sindrom kuku kuning adalah situasi langka yang menyebabkan kuku berubah menjadi warna kuning. Jika Kamu memiliki sindrom kuku kuning, maka kuku kaki juga dapat memiliki ciri-ciri ini:

Terlihat melengkung atau tebal
Tumbuh lebih lambat dari lazimnya
Tidak mempunyai kutikel
Berubah menjadi warna hitam atau hijau

Penelitian belum mengenal penyebab utama sindrom kuku kuning. Tetapi, lazimnya situasi ini menyerang orang dewasa berusia di atas 50 tahun. Sindrom kuku kuning juga dapat menjadi gejala penyakit lain, seperti:

Penyakit paru-paru
Limfedema
Efusi pleura
Artritis rheumatoid
Bronkitis kronik
Sinusitis
Penyakit autoimun

Tak ada pengobatan khusus untuk sindrom kuku kuning. Sebagian situasi ini sembuh dengan sendirinya.

6. Konsumsi Ragam Obat Tertentu

Jika obat dapat menyebabkan kuku kaki berubah warna. Berikut sebagian obat yang dimaksud:

Cara Mencegah Perubahan Warna Kuku Kaki

Menghilangkan perubahan warna pada kuku kaki memang lazimnya memerlukan waktu cukup lama. Jika telah sembuh, Kamu dapat menjalankan sebagian hal untuk mencegah kekambuhan:

Cuci kaki secara rutin.
sepatu yang tidak terlalu sempit.
alas kaki tiap keluar rumah, terutama di zona sekitar kolam renang dan ruang gantinya.
Rutin gunting kuku.
Jika berharap pedikur, pastikan salon yang dipilih telah terjamin kebersihannya.
Ganti t-shirt kaki secara rutin.
Jangan seketika mengaplikasikan t-shirt kaki atau sepatu bila kaki masih basah. (UH)

Sumber:

UPMC HealthBeat. . April. 2018.

Mayo Clinic. Nail Fungus. Januari. 2019.

American Osteopathic College of Dermatology. Subungual Hematoma.

DermNet NZ. Drug-induced nail disease. Juli. 2017.

The Genetic and Rare Diseases Information Center. Yellow nail syndrom.

0 Response to "Hati hati Dengan Warna Kuku Berubah dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel