-->

16 Tips Puasa Lancar Untuk Penderita Sakit Maag

Sakit maag ialah gangguan pencernaan yang terjadi karena faktor telat makan seharian biasanya merasakan perih bagian perut dan nyeri. Penyakit maag sering terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak, bagi yang menderita penyakit maag saat bulan ramadhan merupakan hal bimbang sebab orang yang mempunyai sakit maag akan terasa perih serta nyeri jika seharian tidak ada asupan makanan yang masuk dalam perut.

16 Tips Puasa Lancar Untuk Penderita Sakit Maag


Sakit maag dapat terjadi karena pola makan yang tidak teratur khususnya di bulan ramadhan, tidak jarang sakit maag seringkali timbul ketika orang sedang berpuasa. Untuk menghindari itu kita harus menjaga kestabilan tubuh supaya kuat menjalani puasa seharian.

Kurang lebih 14 jam kita menahan hawa nafsu saat berpuasa mulai dari menahan lapar serta menahan rasa haus, sehingga perut kita di haruskan untuk menahan itu semua agar puasa yang kita jalankan tetap terlaksana tanpa hambatan, namun bagi penderita sakit maag tenang jangan khawatir ketika berpuasa tiba-tiba maag nya kambuh, bisa diatasi kok supaya puasa tetap lancar satu bulan full.

Namun walaupun mempunyai sakit maag tidak ada halangan untuk tidak melakukan puasa harus tetap menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Saat berpuasa memang di anjurkan makan dan minum cuma waktu sahur dan buka saja tapi dengan niat ingin berpuasa insyaallah akan baik-baik saja kondisi tubuh kita. Dengan demikian pola makan yang teratur di wajibkan untuk penderita sakit maag.

Berikut Beberapa Tips Supaya Lancar Berpuasa Bagi Penderita Maag


1. Tidak Telat Makan Sahur

Untuk penderita maag di anjurkan makan sahur karena bisa menahan rasa lapar saat sedang berpuasa, jadi dapat terhindar kambuh nya sakit maag. Agar kuat menjalani puasa penderita sakit maag di wajibkan rutin makan sahur selama puasa.

2. Jauhi Makanan Yang Pedas

Beberapa penyebab timbulnya sakit maag ialah mengkonsumsi makanan pedas, untuk sementara waktu di bulan ramadhan sebaiknya hindari makanan pedas saat berbuka puasa ataupun saat sahur, tidak hanya saat bulan ramadhan namun bulan-bulan lainnya juga harus menghindari makanan yang pedas-pedas. Hal ini supaya sakit maag tidak kambuh di saat sedang menjalani ibadah puasa.

3. Hindari Sayuran Yang Mengandung Gas

Mengkonsumsi sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita namun perlu diperhatikan bagi penderita penyakit maag tidak boleh sembarang mengkonsumsi sayuran apalagi saat sedang berpuasa, perlu diperhatikan sayuran yang mengandung gas seperti sawi tidak di anjurkan bagi penderita penyakit maag hal ini dikarenakan menaikkan asam lambung.

4. Tidak Dianjurkan Meminum Kopi

Minum kopi adalah rutinitas untuk penikmat kopi, namun untuk yang memiliki penyakit maag tidak boleh dianjurkan meminum kopi setelah sahur karena dapat menimbulkan asam lambung meningkat. Minum kopi selain bulan puasa penderita maag dapat menyebabkan kambuhnya sakit maag apalagi saat bulan puasa.

5. Jauhi Makanan Terlalu Banyak Lemak

Bagi yang mempunyai penyakit maag perlu di perhatikan dalam segi makanan karena jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dapat meningkatkan asam lambung sehingga sakit maag kambuh lagi. Makanan seperti gorengan dan cokelat harus dihindarkan untuk tidak di konsumsi supaya lancar saat berpuasa.

6. Makan Secara Perlahan-lahan

Penderita penyakit maag ketika sahur ataupun buka tidak perlu berburu-buru untuk menyantap hidangan yang sudah disediakan, cukup makan secara santai tidak harus terlalu kenyang dan tidak terlalu sedikit menyantap makanan, cukup sedang saja supaya perut tidak terlalu kembung.

7. Hindari Merokok Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Sama dengan kopi merokok saat sedang menjalani puasa untuk penderita sakit maag tidak dianjurkan walaupun merokoknya ketika sahur atau saat sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan asam lambung bagi penderita penyakit maag.

8. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman alkohol dilarang karena dapat memabokan pengguna nya, untuk penderita sakit maag sangat dilarang untuk mengkonsumsi minum-minuman beralkohol karena hanya dapat meningkatkan asam lambung yang berakibat kambuhnya sakit maag.

9. Jangan Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur setelah sahur ialah rutinitas bagi orang yang sesudah makan sahur, namun bagi penderita penyakit maag tidak boleh untuk tidur setelah sahur karena hanya akan menyebabkan asam lambung naik. Jadi sebaiknya sesudah sahur berolahraga ringan agar tubuh lebih segar sebelum melakukan aktivitas seperti biasanya.

10. Memperbanyak Minum Air Putih

Dalam menjalankan ibadah puasa selama satu bulan kita perlu menjaga cairan tubuh supaya tetap stabil. Apalagi penderita sakit maag sangat diperlukan asupan cairan untuk menjaga kestabilan asam lambung supaya tidak meningkat. Saat berpuasa pasti akan kekurangan cairan dalam tubuh sehingga perlu meningkatkan dengan cara mengkonsumsi air putih yang banyak saat sahur dan berbuka puasa.

11. Minum Obat Maag Setelah Sahur

Untuk yang mempunyai sakit maag diwajibkan mengkonsumsi obat maag ketika selesai makan sahur, hal ini untuk menghindari sakit maag kambuh di tengah jalan saat sedang berpuasa.

12. Hindari Maka Mie Instan Saat Sahur

Untuk penderita sakit maag sebaiknya jangan mengkonsumsi mie instan saat sahur dan buka. Karena ketika mengkonsumsi mie setelah seharian perut belum keisi makanan akan menyebabkan perih di perut yang dapat menimbulkan maag kambuh.

13. Banyak Mengkonsumsi Buah-buahan

Mengkonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan kesegaran tubuh kita apalagi setelah seharian berpuasa, bagi penderita sakit maag mengkonsumsi buah-buahan mampu mengurangi timbulnya asam lambung yang menyebabkan maag kambuh. Jadi sebaiknya makan buah-buahan untuk tetap menjaga kestabilan tubuh ketika menjalankan ibadah puasa.

14. Jauhkan Stres Dalam Diri Anda

Stres merupakan bagian dari timbulnya asam lambung yang meningkat sehingga ketika sedang berpuasa mengalami stress akan membuat kambuhnya sakit maag di karenakan kosongnya perut saat berpuasa.

15. Beristirahat Yang Cukup

Setelah seharian beraktivitas dan berpuasa pasti tubuh akan terasa lelah sehingga perlu di istirahatkan supaya tidak terjadi kenaikan asam lambung yang memicu kambuhnya sakit maag.

16. Berbuka Puasa dan Sahur Dengan Tepat

Jadi jika anda memiliki gejala maag yang mungkin saja bisa timbul sebaiknya dengan tepat waktu berbuka puasa dan sahur secara rutin untuk terhindar kambuhnya sakit maag.

Ketika menjalankan puasa sebaiknya harus diperhatikan dari segi pola makan, istirahat dan juga kondisi kesehatan kita. Apalagi yang mempunyai penyakit maag harus benar-benar diperhatikan pola makannya supaya tetap lancar menjalani ibadah puasa. Di atas merupakan tips supaya lancar menjalankan puasa bagi yang memiliki penyakit maag agar tetap bisa berpuasa seperti yang lainnya.
Jadi mentang-mentang mempunyai sakit maag tidak ikut puasa karena takut maag nya kambuh hehe, namun itu salah apabila tidak ikut puasa dikarenakan takut maag nya kambuh. Konon katanya berpuasa bisa menyembuhkan sakit maag, semoga bermanfaat di bulan suci ramadhan ini yang penuh dengan berkah.

0 Response to "16 Tips Puasa Lancar Untuk Penderita Sakit Maag"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel