-->

5 tips perawatan agar wajah cantik dan sehat

sebagai kodrat wanita seorang wanita pasti ingin tampil  cantik dan menarik, dan wanita  selalu ingin mempercantik diri dan diperhatikan sekitarnya. Namun banyak kebanyakan wanita minder dengan keadaan dirinya.

Padahal wanita di lahirkan cantik ke dunia ini. Hanya saja mereka lupa bahwa kecantikan dari dalam dirilah yang sejati.

Saat ini banyak salon kecantikan yang yang menawarkan berbagai perawatan untuk menjadikan wajah menjadi halus, cantik, dan terlihat lebih segar.

berikut perawatan perawatan agar lebih cantik dan menarik

1. Facial Care

Facial care ialah melakukan membersihkan secara mendalam pada wajah. facial care ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, sisa kotoran dari debu atau pun dari sisa tata rias yang dapat menyebabkan kulit kusam dan berjerawat.

yang harus diperhatikan sebelum facial yaitu facial tidak bisa di gunakan untuk semua jenis kulit,
untuk anda kulit yang berminyak sebaiknya anda tidak melakukannya, karna perawatan ini untuk orang yang memiliki kulit yang normal.

karena pada saat facial ada tahap scrubbing, yang yang proses ini akan menimbulkan masalah iritasi, pori pori justru terbuka dan menimbulkan jerawat.Wanita berusia di bawah 30 tahun memiliki masa pergantian kulit normal,

yaitu sekitar antara 21-28 hari dan sebenarnya tidak memiliki masalah kulit yang terlalu serius. Oleh karena itu pula, perawatan yang dilakukan adalah pembersih wajah biasa (cleanser, face tonic, cuci wajah, dan toner).

Sedangkan, bagi Anda yang sudah berusia di atas 30 tahun, ada baiknya jika Anda melakukan perawatan wajah. Pada usia tersebut, tumpukan sel-sel kulit mati lebih tebal karena proses dari
penuaan mulai datang.

Sedangkan, kerja hormon pertumbuhan semakin menurun. Perawatan wajah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah secara optimal.

Langkah-langkah facial care:

1. Bersihkan wajah dengan menggunakan cleanser. Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk mengangkat sisa- sisa kotoran yang masih menempel di wajah sebelum masuk ke tahapan deep cleansing.

Produk cleanser sebaiknya harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda agar tidak terjadi iritasi
dan memberikan efek buruk pada kulit.

2. Pemberian toner.
Fungsinya adalah untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah yang terangkat oleh cleanser sebelumnya.

3. Scrubbing dan penguapan.
Untuk memastikan wajah benar-benar bersih, dilakukan scrubbing yang akan mengelupas sel-sel kulit mati sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan bersih.

Biasanya, scrubbing dilakukan lebih lama dan lebih menekan di bagian wajah yang berminyak atau terlihat kusam, terutama di daerah T(dahi dan hidung).

Sementara, penguapan setelah scrubbing akan membuatpori-pori wajah semakin terbuka sehingga komedo lebih gampang dibersihkan.

4. Masker

Sebelum wajah ditutup masker, dilakukan dulu pijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah sehingga nutrisi ke kulit lebih baik. Masker akan bekerja menutup pori-pori tadi sekaligus mengangkat lebih banyak lagi kotoran.


2. Facial Spa

Perawatan wajah seperti spa sebenarnya sangat sederhana. Tidak hanya rambut saja yang bisa spa. Bahkan, wajah juga dapat dilakukan spa.

Spa ini sangat disenangi oleh para wanita karena spa ini hal yang baru dan segala materi-materi mulai
dari bahan yang digunakan dan cara perawatnya merupakan hasil dari kecanggihan teknologi.

Namun, sebagian besar bahan yang digunakan adalah bahan-bahan alami dan minyak-minyak esensial yang memiliki banyak manfaat.

Kunci utama yang diberikan oleh spa ini adalah alami dan relaksasi. Sebenarnya, perawatan spa bukan hanya membuat wajah menjadi cantik, melainkan badan dan otak pun menjadi
lebih segar dan terlihat relaks.

Bahan-bahan yang digunakan dalam facial spa, seperti pembersih, penyegar, dan pelembap merupakan bahan alami.

Sedangkan, bahan penggosok yang dipakai bisa menggunakan wortel yang telah diblender. Titik berat dari metode ini adalah terapi aroma.

Terapi ini menggunakan minyak esensial yang kini bisa dibeli di toko-toko.

Banyak pilihan minyak esensial, seperti ekstrak lavender yang memiliki khasiat yang menenangkan dan dapat juga Anda kompreskan ke wajah Anda dengan menggunakan air bersih.

Setelah itu, baru Anda lakukan pemijatan dengan menggunakan
krim khusus.

Selain pijatan pada wajah, lakukan juga pijatan pada bahu, leher, dan pundak. Pijatan ini menempati porsi terbanyak dalam perawatan wajah ala spa. Setelah itu, wajah ditutup dengan menggunakan masker.

Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot melakukan spa wajah di salon. Selain hal tersebut dapat membuang-buang uang, hal tersebut juga dapat menyita waktu Anda cukup lama.

Memang perawatan spa wajah lebih menggunakan bahan-bahan yang lebih banyak dan juga lebih modern. Anda bisa merawat wajah Anda sendiri di rumah meski tanpa spa wajah.

Anda bisa menggunakan pembersih wajah sehari-hari yang cocok dengan kondisi kulit wajah Anda. Hal tersebut justru akan lebih efektif karena bisa Anda lakukan sehari-hari. Spa wajah juga tidak bisa
digunakan untuk semua jenis kulit.

Dengan melakukan spa wajah, wajah dan pikiran yang relaks dapat terpancar.

3. Wajah Cantik dengan Masker Alami

Buah-buahan ternyata tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk dikonsumsi saja atau dijadikan jus. Ternyata, salah satu hasil ciptaan dari pemberian Tuhan ini juga memiliki manfaat lain, yaitu
bisa Anda gunakan sebagai masker wajah.

Salah satu cara untuk mengembalikan kecantikan dan kesegaran dari wajah Anda adalah dengan cara mengencang- kannya kembali seperti saat masih bayi dengan menggunakan masker wajah.

Masker buah ini, selain sederhana dan mudah, juga tidak ada efek samping yang membuat Anda khawatir. Penggunaan masker pada wajah ini akan sangat bermanfaat.

Selain dapat mengencangkan dan mengembalikan kesegaran di wajah Anda, masker buah tersebut juga dapat membuka poi- pori yang tersumbat karena kotoran yang berasal dari sisa tata rias Anda ataupun dari debu dan lemak di bawah jaringan kulit wajah.

Masker buah juga dapat mengembalikan kelembapan dan kehalusan kulit serta juga daat mengembalikan kekenyalan kulit wajah Anda.

Memberikan masker pada wajah Anda, sama dengan memberikan nuansa relaksasi otot-otot wajah Anda.

Sebaiknya, Anda gunakan masker wajah paling tidak 1-2 kali seminggu dan diamkan selama 15-45 menit. Maka, kulit akan tampak lebih kencang dan cerah.

Anda juga bisa menggunakan berbagai resep masker alami dengan mudah, dari berbagai jenis buah-buahan dan Anda juga mengombinasikan buah-buahan tersebut dengan bahan lain, seperti madu alami atau dengan putih telur.

Cara membuatnya pun tidak sulit, bahkan tergolong sangat mudah. Anda hanya tinggal memilih buah yang memiliki kandungan yang cocok dengan yang Anda butuhkan untuk kulit wajah Anda.

Banyak sekali buah-buahan yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah alami tersebut. Buah-buah tersebut memiliki banyak kandungan yang berbeda-beda pula. Sebagai contoh:

Masker stroberi

Buah yang berwarna merah dan rasa yang sedikit asam ini memiliki banyak mengandung asam salisilat (salah satu jenis asam beta-hidroksi) yang dapat membantu dalam mengencangkan kulit wajah.

Kandungan lain yang terdapat pada buah stroberi adalah silika, vitamin B, C, E, dan K. Dengan kemampuannya yang dapat menyehatkan tubuh tersebut dan meremajakan kulit, masker ini sangat cocok digunakan untuk hampir semua jenis kulit.

Masker ini dapat Anda gunakan dua kali seminggu. Cara membuatnya:

Hancurkan beberapa buah stroberi yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya.
Usapkan 2 sendok makan hancuran stroberi tadi pada wajah dan biarkan selama 15 menit.

Setelah itu, bilas dengan air steril atau air hangat biasa. Untuk mendapat efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur, kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial yang aman dengan kulit wajah Anda.


Alpukat

Buah alpukat ini memiliki kandungan asam amino dan vitamin yang tinggi sehingga masker dari buah alpukat ini sangat cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Cara membuat:

Kulit Kering:
Tumbuk daging alpukat matang dengan garpu. Oleskan pada wajah, biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat atau air mawar menggunakan kapas.

Untuk Kulit normal
Tambahkan putih telur yang dikocok sebentar.

Bagi kulit lembap, perlu ditambahkan pula madu (organik bila ada), kemudian aduk rata hingga daging alpukat tersebut hancur dan campurkan dengan kocokan putih telur.

Almond
Buah almond memiliki khasiat menghaluskan kulit yang kasar karena banyak mengandung mineral, vitamin A dan B, dan asam oleat.

Almond dapat dibuat menjadi masker maupun juga dapat dibuat menjadi lotion. Masker ini dapat digunakan 1 kali dalam seminggu.

Cara membuatnya:

Hancurkan sekitar 50 gram almond, kupas dengan mortar atau food processor. Kocok 3 sendok makan susu fullfat sampai membentuk pasta halus (tidak perlu terlalu lama). Bila perlu, tambahkan 1 atau 2 tetes rose otto essensial oil.

Oleskan pada wajah dan biarkan sampai kering. Kemudian, bersihkan dengan kapas dan air hangat.

Tomat
Khasiat:
Buah yang berbentuk bulat dan memiliki kulit tipis ini ternyata memiliki kandungan protein, fosfor, besi, belerang, dan vitamin A, B1, dan C yang tinggi.

Cara membuat:
Untuk menghaluskan wajah Ambil tomat yang sudah matang, iris dan gosokkan
pada wajah.

Atau, bisa juga buah tomat diperas, kemudian air perasannya dioleskan setiap hari ke wajah. Untuk pelindung dari sengatan matahari Ambil daun tomat secukupnya. Remas-remas dengan sedikit air.

Kemudian, tempelkan pada wajah sebagai penyejuk wajah.

Anggur

Siapa yang tidak kenal dan tidak suka dengan buah anggur? Buah yang memiliki warna ungu, hitam, dan hijau, dan tergolong buah yang mahal ini ternyata memiliki banyak manfaat juga.

Kandungan yang terkandung di dalam buah anggur kaya akan mineral, kalsium, magnesium, potassium, vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan senyawa-senyawa flavonoid.

Hampir semua jenis anggur yang warnanya berbeda dapat digunakan untuk masker. Perlu diperhatikan jus anggur yang telah dibuat, harus disaring terlebih dahulu.

Masker anggur dapat digunakan setiap hari karena baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit.

Cara membuat

Hancurkan beberapa anggur yang cukup untuk menghasil kan 2 sendok makan jus. Saring jus tersebut.Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas. Setelah 20 menit, bilas dengan air mawar.


Lemon

Buah yang memiliki kulit tebal dan berwarna kuning cantik ini banyak mengandung vitamin A, C, B1, B2, dan B3. Lemon sangat baik untuk kulit berminyak.

Namun, lotion-nya juga bekerja efektif pada kulit normal. Masker lemon dapat digunakan setiap hari.

Cara membuat
(untuk satu minggu pemakaian)
Tambahkan 1 sendok teh jus lemon pada putih telor kocok. Oleskan pada wajah dan biarkan 10 menit. Setelah itu bersihkan dengan air mawar atau air hangat.

Cara Membuat Masker Lemon
Tambahkan satu sendok teh jus lemon pada 100 ml air mawar dan 50 ml witchazel.
Usapkan pada wajah dengan kapas bersih.

Pisang
Buah ini mengandung serotinin, pektin, tenin, noradrenalin, gidroksitritamin, dopamin, dan berbagai vitamin, seperti vitamin A, B kompleks, dan C. Masker ini digunakan sebagai pelembap wajah.

Cara Membuat:
Ambil pisang ambon yang sudah masak lalu hancurkan. Tambahkan minyak zaitun. Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai bedak.

4. Menghapus Noda Hitam

Flek (noda) hitam kerap mengganggu wajah wanita Indonesia. Anda dan wanita lain sering merasa jengkel dan melakukan banyak cara untuk menghilangkan noda hitam tersebut.

Namun, hasilnya tetap sama, noda hitam malah semakin bertambah banyak dan membuat Anda semakin kesal. Berikut ini adalah beberapa tips singkat untuk mengatasi noda hitam yang membandel.

Mulai rajinlah mencuci muka dengan baik (dengan air hangat), yaitu basuh seluruh bagian muka hingga leher dan jidat setidaknya 3 kali seminggu, pijat wajah Anda dengan gerakan memutar.

2. Sebisa mungkin wajah Anda jangan terkena asap kendaraan, pakailah cadar dan tutuplah muka Anda dengan kaca helm pada saat berkendara menggunakan sepeda motor.

3. Perlu Anda ketahui bahwa makanan juga merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam hal timbulnya jerawat, misal banyak makan berlemak, yang pedas-pedas (ada merica atau cabai) dapat memicu timbulnya jerawat.

Makan lemak perlu, namun jangan terlalu banyak. Lemak berfungsi sebagai pelumas persendian, pembentukan sel pada paru-paru, dan otak.

Kekurangan lemak bisa membahayakan kedua organ tersebut. Batasi makan junk food, cokelat, permen, dan makanan berminyak, serta perbanyak makan sayuran.

4. Mulailah sering berolahraga secara teratur agar poro pori wajah terbuka (karena keluar keringat) dan dapat mengeluarka kotoran di dalam kulit wajh sehingga jerawat tidak timbul

5. Sampo juga dipercaya dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Sampo yang mengandung protein, telur, dan madu jika terkena muka dan membersihkannya kurang sempurna, bagi sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, dapat memicu terjadinya jerawat.

6. Hati-hati dalam memilih produk kecantikan dan perawatan muka. Gunakan tata rias, pelembap, atau tabir surya yang tanpa minyak. Biasanya, jika tertulis "nonacnegenic" atau "noncomedogenic" di label keterangan, produk tersebut lebih baik.

Hindari stres dan pikiran yang berlebihan. Stres dan banyak pikiran diyakini bisa menimbulkan jerawat, membuat muka
kusam, dan lainlain,

8. Jangan memencet jerawat Anda jika sedang tumbuh. Ini tidak saja membuat jerawat membekas, tetapi juga bisa merusak permukaan kulit sehingga wajah Anda menjadi bopeng.

5. Memusnahkan Komedo

Komedo adalah salah satu yang dapat mengganggu penampilan wajah Anda. Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk menghilangkan komedo.

Berikut adalah beberapa langkah memusnahkan komedo:

Pakai kosmetik atau produk kecantikan bebas minyak, noncomedogenic, serta waterbase sehingga kulit kita tidak mudah tersumbat oleh minyak atau sebun. Rajin membersihkan wajah dua kali sehari.

Namun, jangan juga mencuci muka secara berlebihan karena akan membuat kandungan minyak wajah sebagai pelembap alami hilang.

Jangan pernah memencet hidung untuk menghilanglan komedo. Cara ini justru akan membuat kulit kemerahan dankomedo. Cara ini justru akan membuat kulit kemerahan dan meradang. Pori-pori pun akan bertambah besar.

Masker wajah Anda dengan campuran putih telur dan madu yang dihangatkan. Tempelkan dengan kapas di bagian T wajah Anda hingga kering. Angkat perlahan dan bersihkan wajah dengan air hangat.

Komedo pun akan tertempel pada permukaan kapas tanpa Anda sadari. Sebelumnya, lakukan steam dengan cara menguapi wajah dalam baskom berisi air hangat dan tutupi kepala dengan handuk lebar. Ini akan membuat pori-pori terbuka dan memudahkan proses scrubbing.

Lalu, gosok secara perlahan daerah hidung dengan scrub wajah. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih dan tutup kembali pori-pori dengan memakai toner. Lakukan perawatan ini maksimal tiga kali
dalam seminggu.

Facial dan peeling wajah Anda secara teratur setiap dua minggu sekali. Dengan demikian, kotoran yang tersumbat di pori-pori akan terangkat secara maksimal.

Kulit mati yang menumpuk pun akan terangkat. Konsultasikan ke dokter atau dermatologis bila komedo tetap saja membandel. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik untuk masalah komedo Anda.

sekian artikel ini semoga bermanfaat dan subscribe.



0 Response to "5 tips perawatan agar wajah cantik dan sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel